Minggu, 11 Mei 2014

tips cara hidup sehat

Menerapkan pola hidup sehat merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan hidup anda. Hidup dengan cara sehat memang sangat baik untuk kesehatan dan menghindarkan tubuh anda dari berbagai masalah kesehatan. Pada umumnya menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari adalah meliputi makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan diperlukan sehari-hari, dan olahraga yang teratur. Menjalankan pola hidup sehat sebenarnya tidaklah sulit, namun terkadang kebanyakan orang malas untuk berolahraga dan lebih senang mengkonsumsi makanan cepat saji yang sebaiknya dihindari karena tidak baik untuk kesehatan dan dapat berdampak pada obesitas atau kelebihan berat badan.
Cara Hidup Sehat


Jika tidak diterapkan dari diri kita sendiri, lalu dari siapa lagi? Ada baiknya jika anda mengajak seluruh keluarga untuk menerapkan pola hidup sehat dengan beberapa Cara Hidup Sehat yang telah dianjurkan, agar anda dan seluruh keluarga dapat terhindar dari berbagai penyakit, serta tubuh akan tetap sehat dan bugar meskipun sudah berusia tua. Namun kebanyakan orang yang malas berolahraga dan menjalankan pola hidup sehat, mereka memilih mengkonsumsi obat-obatan hingga suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh mereka. Padahal sebenarnya produk suplemen yang beredar di masyarakat tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, karena akan menjadi ketergantungan dan tetap tidak seimbang jika tidak dibarengi dengan olahraga yang teratur.

Cara Hidup Sehat

Sebenarnya mulai sejak dini jika telah menerapkan Pola Hidup Sehat, tentu akan menjadi kebiasaan yang baik untuk masa depan anda sendiri.  Untuk Hidup Sehat anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, anda bisa menerapkan Cara Pola Hidup Sehat yang baik dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, seperti berikut ini:
Hirup Udara Bersih
Biasakanlah untuk bangun di pagi hari, lalu keluar kamar dan tarik nafas dalam-dalam. Udara pagi sangat baik untuk tubuh anda, sebab belum tercemar oleh polusi, sehingga akan membantu paru-paru anda tetap sehat dan oksigen yang diserap akan dialirkan menuju otak, sehingga anda dapat berfikir lebih baik. Selain itu anda juga perlu menghindari asap rokok, asap knalpot, dan debu. Bersihkan ruangan sekitar anda agar dapat berfungsi dengan baik dan menjaga kesehatan tubuh anda.
Air Putih
 
Air putih jauh lebih baik dibandingkan dengan minuman apapun. Maka dari itu dianjurkan untuk mengkonsumsi minimal 8 gelas air putih per hari, sebab air putih bermanfaat untuk menetralisir racun dalam tubuh serta melancarkan metabolisme dalam tubuh, sehingga tubuh akan lebih sehat, fit dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.
Sarapan Sehat
Ada baiknya jika anda tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Sebab sarapan pagi sangat bagus untuk mensuplai energi pada tubuh agar anda tetap sehat dan semangat menjalani hari-hari anda. Selain itu usahakan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat bergizi, mengandung banyak vitamin, nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.
Makanan yang Berimbang dan Sehat
Sama halnya dengan air, serat (fiber) sangat baik untuk melancarkan metabolisme dan pembuangan dalam tubuh, sehingga makanan yang telah dikonsumsi setiap hari tidak bertimbun menjadi lemak melainkan diubah menjadi energi. Cukupi asupan serat, protein dan karbohidrat yang seimbang.
Beraktivitas Dengan Seimbang
Bekerja keras itu baik, namun ada baiknya jika anda meluangkan waktu untuk beristirahat. Telah dianjurkan untuk tidur cukup 7-8 jam perhari dan olahraga yang teratur. Jangan memporsir diri dengan satu kegiatan. Tidur terlalu lama dan olahraga tanpa kenal waktu juga bukanlah hal yang baik. Semuanya perlu dilakukan dengan seimbang.
Hindari Pola Makan Tidak Sehat
Pola makan tidak sehat meliputi konsumsi makanan cepat saji, makanan berlemak, minuman beralkohol dan bersoda, serta merokok. Hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan anda, maka dari itu ada baiknya jika anda menghindari pola makan tidak sehat, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.
Mencuci Tangan
Biasakan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh makanan yang akan dikonsumsi. Sebab tangan yang kotor bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang bila masuk ke dalam mulut akan berdampak buruk untuk kesehatan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar